Minggu, 26 Februari 2017

Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat

Hay gengs,, selamat datang di blog saya candraadjiegeng08.blogspot.co.id
Untuk postingan pertama, saya akan berbagi informasi tentang Kabupaten/Kota kelahiran saya yaitu Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi tepatnya di Kota Kuala Tungkal.
Langsung aja gengs..


Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Luas wilayahnya sekitar 5.009,82 km² dengan populasi 293.594 jiwa pada tahun 2012. Ibukota dari Kabupaten ini adalah Kualatungkal. Kabupaten ini terbagi menjadi 13 kecamatan yang terbagi lagi menjadi 20 kelurahan dan 114 desa. Dulunya gengs, Kabupaten ini bernama Tanjung Jabung. Nah, mengapa sekarang berubah menjadi Tanjung Jabung Barat? begini penjelasan singkatnya..

Seiring dengan bergulirnya Era Desentralisasi daerah, di mana daerah di beri wewenang dan keleluasaan untuk mengurus rumah tangganya sendiri, maka Kabupaten Tanjung Jabung sesuai dengan Undang-undang No.54 Tanggal 4 Oktober 1999 tentang pemekaran wilayah kabupaten dalam Provinsi Jambi telah memekarkan diri menjadi dua wilayah yaitu :

1. Kabupaten Tanjung Jabung Barat Sebagai Kabupaten Induk dengan Ibukota Kuala Tungkal
2. Kabupaten Tanjung Jabung Timur Sebagai Kabupaten hasil pemekaran dengan Ibukota Muara Sabak



Kabupaten yang beribukota di Kuala Tungkal ini memiliki masyarakat yang heterogen. Suku Banjar, Minangkabau, Melayu, Jawa, Bugis, Palembang, Batak, Kerinci dan berbagai etnis berbaur di kabupaten yang terkenal dengan julukan kota bersama ini. Dengan hasil pertanian dan perkebuanan yang cukup melimpah kabupaten ini terus berkembang. Kelapa, Kelapa Sawit, Pinang, dan beraneka buah-buahan adalah sumber daya alam yang banyak terdapat di daerah ini. Juga kekayaan minyak bumi dan gas yang saat ini dikelola oleh perusahaan asing juga merupakan kekayaan asli dari daerah ini.

Sementara itu, wisata yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat atau Kota Kuala Tungkal ini diantaranya adalah :

1. Ancol Beach di Kuala Tungkal
2. Water Front City di Kuala Tungkal
3. Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Kec. Batang Asam yang berbatasan dengan Kab. Tebo
4. Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur yang membentang Kec. Seberang Kota sampai Pangkal Duri Kec. Mendahara
5. Air Terjun Calista Irawan, Desa Lubuk Bernai, Kec. Batang Asam, Tanjung Jabung Barat
6. Wisata Alam Pelatihan Gajah di Tungkal Ulu
7. Taman Wisata Lestari Indah di Muntialo Kec. Betara, Tanjung Jabung Barat

Nah, berikut ini adalah beberapa gambar Keindahan Kota Kuala Tungkal :
1. Foto Kota Kuala Tungkal dari udara







2. Foto spot-spot yang terdapat di Kota Kuala Tungkal

"Gedung Runtuh" terletak di pusat kota yang biasanya dijadikan sebagai tempat hiburan bagi masyarakat maupun juga pelaksanaan lomba atau festival
"Taman PKK" biasanya taman ini dijadikan tempat bermain anak-anak dan tempat anak muda nongkrong



"Alun-alun Kota Kuala Tungkal" spot ini biasanya dijadikan masyarakat untuk berolahraga pada pagi atau sore hari


"Stadion Karya Bhakti Kuala Tungkal" merupakan stadion sepakbola kebanggaan masyarakat kuala tungkal. Stadion ini merupakan salah satu stadion terbaik yang ada di Provinsi Jambi. Perhelatan akbar di stadion ini adalah saat melaksanakan pertandingan Divisi Utama Liga Indonesia 2013. Yang perlu diketahui ni gengs, ada 2 klub besar sepakbola indonesia yang pernah bermain disini yaitu Persik Kediri dan PSMS Medan. Woooww.. ..


"Water Front City" tempat jalan-jalan sore masyarakat Kuala Tungkal



"Ancol Beach" spot yang juga bagus untuk berfoto-foto di kota Kuala Tungkal



 "Air Terjun Calista Irawan" salah satu air terjun yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, tepatnya di desa Lubuk Bernai Kec. Batang Asam

Nah gengs, Begitulah kiranya gambaran Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kota Kuala Tungkal yang saya banggakan. Mari gengs main ke Kabupaten dan Kota kami ini, siapa tahu ketemu jodoh kalian disini. Asyikkk,, Hehehhee..




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar